Jika
anda sedang mempersiapkan diri berkarir di bidang IT atau masih baru
bekerja dalam dunia IT. Ada 10 rahasia yang tidak menguntungkan yang
harus anda ketahui, rahasia ini sebagian besar ditujukan untuk
administrator jaringan, manajer IT, dan profesional destkop support.
1.) Profesional IT sering kali menggunakan jargon untuk menutupi kesalahanya
Banyak
profesional IT menutupi kesalahan yang mereka lakukan dengan memberi
penjelasan yang membingungkan kepada manajer non teknis, karena biasanya
mereka tidak memiliki pemahaman yang baik tentang teknologi. Sebagai
contoh untuk memberitahu seorang manajer bisnis non teknis mengapa
aplikasi keuangan tidak dapat dijalankan selama 3 jam, maka profesional
IT mungkin akan mengatakan “Terjadi blue screen pada layar SQL yang
menjalankan applikasi keuangan” padahal penyebab sebaenarnya adalah
update driver yang ia terapkan pada server tidak diuji terlebih dahulu
2.) Beberapa profesional IT mengembangkan teknologi berdasarkan kemampuan dalam menjalankanya
Banyak
profesional IT yang memilih dan mengimplementasikan teknologi
didasarkan pada kemampuan dan seberapa bebas mereka dapat menggunakan
atau menjalankanya, bukan berdasar pada mana yang benar benar baik dan
bermanfaat untuk bisnis itu sendiri. Sebagai contoh sebuah perusahaan
lebih memilih untuk menggunakan sistem operasi Windows karena latar
belakang karyawan ITnya memiliki kemampuan lebih menggunakan Windows,
padahal menggunakan sistem operasi Linux adalah solusi yang lebih baik.
3.) Para Staff atau Karyawan IT adalah Hambatan Terbesar Dalam Menerapkan Teknologi Yang Baru
Salah
satu kendala terbesar untuk migrasi ke teknologi yang baru adalah,
tidak ada persetujuan dari manajemen keuangan karena banyaknya biaya
yang harus dikeluarkan. Ketika mereka sudah memiliki sesuatu dan
terbiasa menggunakan yang sudah ada, mereka enggan untuk mengubahnya,
ini bisa jadi hal yang baik karena pekerjaan mereka tergantung dari
kestabilan infrastruktur yang ada. Namun mereka juga menggunakanya
sebagai alasan untuk tidak menghabiskan waktu belajar sesuatu yang baru.
4.) Anda akan Banyak Menghabiskan Waktu Dengan Teknologi Lama Dibandingkan Dengan Mengemplementasikan Sesuatu Yang Baru
Hal
yang menarik bekerja dalam bidang IT adalah bahwa kita akan banyak
bermain dengan teknologi terbaru yang ada pada saat ini, namun tidak
terjadi di sebagian besar pekerjaan IT. Yang benar adalah bahwa para
profesional IT biasanya menghabiskan waktu untuk menjaga dan merawat
teknologi yang sudah ada sebelumnya.
5.)
Vendor dan konsultan IT akan mengakui kehebatanya ketika proyek
berjalan dengan baik, sebaliknya anda akan disalahkan jika proyek yang
dijalankan gagal.
Bekerja
dengan konsultan ITadalah bagian penting dari pekerjaan dan dapat
menjadi salah satu hal yang lebih menantang. Konsultan akan membantu
memberi solusi untuk anda dalam mengerjakan suatu proyek, dan ketika
semuanya berjalan dengan baik maka ini akan menjadi sebuah kerjasama
yang baik. Tetapi anda harus berhati hati, ketika ada sesuatu yang salah
beberapa konsultan akan menganggap bahwa andalah penyebabnya, dan
mengklaim bahwa solusi yang mereka berikan sudah benar dan bekerja baik
pada perusahaan lain. Sebaliknya jika proyek berjalan dengan lancar,
mereka akan mengakui kehebatan dalam solusi yang merke berikan dan
mengabaikan pekerjaan besar yang telah anda lakukan untuk menyesuaikan
dan mengimplementasikan solusi untuk perusahaan anda.
6.) Anda akan sering diminta oleh rekan kerja untuk memperbaiki masalah PC mereka dirumah yang bukan bagian dari pekerjaan anda
Karena
anda dianggap sebagai orang yang ahli dalam bidang teknologi atau
karena anda adalah seorang teknisi jaringan, rekan kerja anda akan
sering meminta bantuan dalam menyelesaikan masalah pada PC mereka
dirumah seperti, bagaimana menghilangkan virus atau mengaktifkan router
nirkabel yang berhenti bekerja karena mati lampu. Beberapa dari mereka
bahkan akan membawa PC rumahnya ke kantor anda untuk diperaiki. Jika itu
adalah rejeki, maka anda akan dibayar sesudahnya, tetapi tidak sedikit
dari mereka yang hanya mengharapkan bantuan anda secara gratis. Membantu
orang lain dapat sangat bermanfaat, namun anda harus tahu kapan harus
membantu dan kapan harus menolaknya.
7.) Sertifikat tidak akan selalu menjamin seseorang untuk menjadi karyawan yang baik
Manajer
sumber daya manusia pada sebuah perusahaan akan lebih tertarik untuk
merekrut seseorang yang bersertifikasi, karena dengan hal itu memudahkan
departemen HR (Human Resource) untuk menyeleksi calon pekerja dengan
lowongan yang ada. Sertifikasi akan membuka karir anda lebih luas,
menunjukkan bahwa anda orang yang terorganisir, ambisius dan memiliki
keinginan yang besar dalam memperluas keahlian anda. Jika anda memiliki
sertifikasi yang sesuai dengan keahlian anda, maka hal itu akan menjadi
nilai tambah dan nilai jual bagi anda. Namun pada kenyataanya banyak
pimpinan perusahaan yang mengeluh dengan teknisi yang dipekerjakan
berdasarkan sertifikasi. Mereka umumnya hanya memiliki skill dan
kemampuan yang baik dalam bidangnya tetapi tidak tahu bagaimana mengatur
atau menangani masalah dengan cepat karena tidak memiliki pengalaman
bekerja sebelumnya. Maka sertifikat sebenarnya bukan satu satunya
indikator untuk mengukur seberapa baik seseorang dapat bekerja.
8.) Anda bisa menjadi orang yang paling dibenci atau paling disegani oleh bawahan anda jika anda seorang manajer IT
Jika
anda dapat menangani suatu masalah yang dapat memperpanjang jam kerja
bawahan anda, maka anda bisa menjadi atasan yang disegani bagi mereka.
Namun sebaliknya jika anda tidak dapat menangani sesuatu yang dapat
menghambat pekerjaan atau memperpanjang jam kerja bawahan anda, seperti
tiba tiba saja koneksi jaringan sedang down, maka mereka akan menganggap
bahwa andalah penyebabnya.
9.) Anda akan disalahkan jika terjadi kesalahan konyol pada pengguna komputer
Beberapa
pengguna komputer akan spontan melimpahkan kemarahanya ketika frustasi.
Mereka bisa saja meluapkanya kepada anda karena anda adalah seorang
staff IT dengan menyalahkan anda seperti “apa yang salah sama komputer
ini?”, “komputer ini rusak, kenapa masih dipasang!” atau “kamu apain
komputernya?kenapa bisa jadi begini?!”. Padahal kesalahannya adalah
karena kecerobohan atau kelalaian dari mereka sendiri, seperti ternyata
mereka tidak sengaja mencabut kabel mouse dengan kaki mereka, atau
bahkan menumpahkan kopi mereka di keyboard komputer.
10.)
Bayaran di bidang IT lebih besar dibandingkan dengan profesi lain,
namun karena itulah perusahaan anda dapat mempekerjakan anda kapan saja
diluar jam kerja
Kebutuhan
akan profesional IT akan terus meningkat bagi perusahaan, seriring
berkembangnya teknologi dalam bisnis dan kehidupan masyarakat. Karena
bayaran bagi profesional IT cukup besar, perusahaan sering kali menambah
jam kerja anda sewenang-wenang, karena anda dianggap sebagai bagian
inti dari perusahaan. Anda bisa saja bekerja lebih dari 6 jam pada akhir
pekan untuk menyebarkan (deployment) update sebuah software, atau
bahkan menerima telepon pada malam hari untuk mengatasi jaringan yang
bermasalah. Tidak ada kompensasi waktu selama anda masih dibayar dengan
baik.
.