Menyilangkan Kaki Dapat Menyebabkan Varises

4:39:00 AM
Varises di kaki bisa mengganggu penampilan seseorang. Sebenarnya apa yang menyebabkan terjadinya varises?
Pembuluh darah arteri bertugas membawa darah yang mengandung oksigen, sementara pembuluh vena membawanya kembali ke jantung dan paru-paru. Otot pada kaki dan tungkai juga berperan dalam hal ini.

Pembuluh darah vena pada kaki akan menjaga darah mengalir ke arah yang seharusnya. Namun ketika pembuluh vena tertentu terlalu lemah (ini bisa dipengaruhi oleh genetik), maka kemungkinan darah bisa berkumpul di satu tempat dan membuat pembuluh vena ini menjadi bengkak, renggang, dan menimbulkan tonjolan pada kulit yaitu varises.

Saat seseorang mempunyai akifitas berdiri, berjalan tegak dalam waktu yang lama selain itu juga sering menyilangkan kaki dapat menyebabkan sirkulasi darah menjadi terhambat pada area disekitar tungkai kaki dan betis karena menahan bobot tubuh dapat menyebabkan terjadinya varises.

Menyilangkan kaki adalah salah satu kebiasaan yang kebanyakan dilakukan wanita ketika duduk. Ahli medis mengungkap bahwa ada kalanya kebiasaan menyilangkan kaki bisa memicu munculnya varises Terutama bila ada riwayat varises dalam keluarga.
Kebiasaan menyilangkan kaki selama beberapa tahun akan memicu pembentukan Varises

Untuk mencegah terjadinya varises, sebaiknya melakukan olahraga untuk menjaga berat badan dan menguatkan otot kaki. Anda bisa melakukan olahraga sederhana seperti bersepeda atau berenang. Selain itu, hindari penggunaan sepatu hak tinggi terlalu sering. 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »